Cara Daftar Developer dan Upload Aplikasi ke Google Play

Cara Daftar Developer dan Upload Aplikasi ke Google Play

Bisnis di dunia aplikasi android sepertinya semakin merajalela hingga berkembang menjadi bisnis yang cukup menjanjikan, semakin banyak developer baru bermunculan dan berlomba menciptakan aplikasi2 milik mereka yg diharap akan banyak diunduh para pengguna smartphones.
Nah, jika memang begitu apakah kamu mau ambil bagian menjadi seorang developer Google Play?
Bagaimana cara mendaftar Developer lalu upload aplikasi (apk) serta mengelola dan merilisnya ke Google Play?
Berikut akan kami jelaskan caranya, namun sebelum mendaftar anda persiapkan dulu biaya pendaftaran yang ditetapkan Google senilai 25$ yg bisa dibayar menggunakan kartu kredit. Bagi yang belum atau tidak mempunyai kartu kredit jangan khawatir, anda bisa menggunakan alternatif virtual credit card VCC Google Play Developer murah dari kami.

Cara Daftar dan Membayar Biaya Pendaftaran Google Play Developer
  1. Pastikan kamu sudah login ke akun Google sebelum melanjutkan ke halaman pendaftaran Google Play Developer. Jika sudah silahkan buka halaman pendaftaran Google Play Developer.
  2. Centang kotak yang berisikan perjanjian pengembang Google Play, sebelum dicentang sebaiknya baca dulu semua isi perjanjian tersebut. Lalu klik CONTINUE TO PAYMENT.



  3. Saatnya membayar biaya pendaftaran, disini anda diminta memasukkan detail kartu kredit untuk membayar biaya pendaftaran. Silahkan masukkan detail virtual credit card yang kami berikan dibagian Card number, MM/YY (kadaluarsa kartu Bulan/Tahun), CVC (3 digit kode keamanan kartu). Untuk bagian Cardholder name/Nama pemilik kartu dan Billing address isi dengan data anda sendiri. Jika sudah silahkan klik PAY/Beli.



  4. Klik Continue registration.



  5. Silahkan lengkapi data-data profil akun Google Play Developer anda. Untuk penulisan Phone number menggunakan format international, jadi ganti angka 0 menjadi +62 (contoh +6285762257202). Jika sudah silahkan klik Complete registration.



  6. SELAMAT! Kamu sudah berhasil mendaftar menjadi seorang Developer Google Play :)
Jika sudah melakukan pendaftaran dengan benar maka sekarang kamu sudah bisa mengupload dan mengelola aplikasi untuk dirilis ke Google Play. Pastikan kamu sudah mempersiapkan sebuah file APK yg akan diupload nantinya. Adapun Syarat2 yg harus kamu siapkan sebelum upload aplikasi yaitu: (1) Gambar screenshot aplikasi, (2) Gambar icon aplikasi, (3) Gambar banner ukuran 1024×500 pixel, (4) Tagline dan deskripsi lengkap tentang aplikasi, (5) Aplikasi tidak melanggar aturan-aturan/TOS Google Play.

Cara Upload, Menglola dan Rilis Aplikasi (apk) ke Google Play Terbaru ( versi bahasa Indonesia)

  • Persiapkan "Judul Aplikasi"
    Silahkan login terlebih dahulu ke akun developer, lalu buka https://play.google.com/apps/publish. Setelah kamu masuk ke dasboard Google developer console, selanjutnya klik tombol Buat Aplikasi=>Masukkan Judul Aplikasi=>Klik tombol Buat.


  • Bagian Daftar Toko:
    Tulis deskripsi/tagline aplikasi=>Tulis deskripsi lengkap aplikasi, pada bagian ini uraikan semua kelebihan aplikasi yang kamu miliki.

  • Selanjutnya masukkan gambar yang telah kamu buat sebelumnya ke tempat yang telah disediakan. Untuk menambahkan gambar, klik "Tambahkan tangkapan layar"=>masukkan gambar yang diperbolehkan seperti screenshot layar ponsel, icon, dll.

    Di bagian Kategorisasi masukkan jenis kategori aplikasi kamu (apakah berbentuk Aplikasi atau Game dll). Di bagian peringkat konten boleh di skip karena bisa diisi nanti. Memasukkan detail kontak, mulai dari Situs Web (jika ada), Email, dan No. HP yg diawali +62. Jika aplikasi memiliki kebijakan privasi, masukkan url kebijakan privasi tersebut. Jika tidak ada, maka centang "Tidak mengirimkan URL kebijakan privasi untuk saat ini."

    Jika semua pengaturan pada Daftar Toko ini sudah kamu selesaikan, silahkan simpan pengaturan ini dgn cara klik tulisan "Simpan draf" pada bagian atas halaman.

  • Upload file APK
    Untuk mengupload APK, klik ke tab Kelola Rilis. Setelah tab Kelola Rilis terbuka, klik tombol Kelola Produksi=>Buat rilis.

    Silahkan upload file APK kamu dengan mengklik tombol Upload APK. Setelah APK selesai di upload, masukkan nama rilis aplikasi dan jelaskan fitur-fitur baru apa saja yang sudah ditambahkan pada aplikasi kamu.

    Jika sudah lalu klik tombol Tinjau, maka akan muncul preview APK, kelola rilis, dan Daftar toko telah tercentang hijau semua.

  • Mengisi Rating Konten Aplikasi:
    Silahkan pilih Kategori besar yang mencakup aplikasi kamu, lalu isi kuisioner dengan jujur untuk menghitung rating yang cocok untuk aplikasi kamu.

    Klik Menghitung Peringkat, setelah halaman selanjutnya terbuka, klik Terapkan Rating. Penentuan Harga dan Distribusi (tentukan apakah aplikasi kamu berbayar atau tidak).
    Pilih Negara mana saja yang dapat mendownload aplikasi kamu, lalu centang pada "Pedoman konten" dan “Undang-undang ekspor AS“. Kemudian klik simpan draf.

    Sekarang aplikasi kamu telah Siap utk Dipublikasikan. Pindah ke tab Kelola Rilis lalu Klik tombol Lanjutkan=>Tinjau=>Mulai Peluncuran.

  • SELESAI

    Aplikasi akan di Review oleh pihak Google dan biasanya memakan waktu 8-12 jam barulah aplikasi akan muncul di PlayStore.
Jadi begitulah cara upload, mengelola dan rilis aplikasi ke Google Play. Semoga bisa membantu anda semua yg ingin mencoba menjadi seorang Developer Google Play. Dan semoga saja aplikasi anda nantinya akan banyak diinstall oleh para pengguna smartphone android sehingga bisa menghasilkan $$ yg banyak :).

 Hubungi Kami
Fast Response!
085762257202
085762257202
DCC9403E
kontak.indovcc@gmail.com

 Informasi Umum
Menerima Pembayaran via:





DAFTAR PRODUK





Find us:

8 komentar:

  1. Mkasih admin IndoVCC atas bantuannya ya, skrg sya punya akun Developer yg baru ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama gan, moga lancar ya aplikasinya :)

      Hapus
    2. Bantu saya jg donk min

      Hapus
  2. Sukses min work 100% thakz hehe

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. nambah dikit gan, untuk yang suka nyepam di google dev (akun lebih dr 1), jangan menggunakan browser yang sama.

    BalasHapus